Wednesday, May 25, 2016

Di Amerika, Memberikan Susu Anak 1 Tahun Menggunakan Dot Tidak Dianjurkan

susu anak 1 tahun
Friso Indonesia

Tahukah ibu di Amerika penggunaan botol susu itu sudah tidak dianjurkan ketika bayi sudah berusia 1 tahun? Tentu saja anjuran ini bukan tanpa alasan. Sebagai negara maju yang sering dijadikan contoh khususnya di dalam dunia kesehatan, tentu ada alasan kenapa pemerintah Amerika sudah tidak menganjurkan memberikan susu dengan menggunakan botol.



Memang ada pro dan kontra mengenaik penggunaan botol. Namun, ada beberapa studi yang menunjukkan efek buruk yang mungkin terjadi jika balita usia di atas 1 tahun masih menggunakan botol ketika minum susu.

Efek Buruk Minum Susu Menggunakan Botol
Botol atau dot pada dasarnya berfungsi agar anak mudah mengkonsumsi susu. apalagi banyak bayi yang tidak bisa mendapatkan ASI. Jadi, agar ia mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya, maka si kecil diberi susu anak 1 tahun dengan menggunakan botol dot yang mirip dengan putting ibu.

Sayangnya, hal ini bisa dikatakan disalahgunakan. Awalnya, botol dot hanya digunakan untuk membantu si kecil agar mendapatkan susu dari dot yang mirip dengan puting susu ibu. Namun, sekarang justru setiap ibu selalu memberikan susu dari dot hingga ia balita usia 1 dan bahkan 2 tahun.

Tentu ini sudah salah kaprah. Apalagi ada penelitian yang menunjukkan penggunaan dot hingga anak usia 1 tahun ke atas akan berpengeruh buruk terhadap pertumbuhan gusi. Bahkan, ada resiko di mana telinga si kecil akan mengalami infeksi. Hal ini disebabkan tekanan negatif ketika ia menyedot susu dari dot.

Mungkin hasil dari penelitian tersebut bisa terbantahkan. Namun, yang sering terjadi dan tidak bisa terbantahkan adalah kebanyakan balita akan sulit sekali menghilangkan kebiasaan minum susu selain menggunakan botol. Akhirnya, ketika ia sudah dewasa dan sudah masuk sekolah, ibu akan malu luar biasa karena si kecil harus minum susu di sekolah dengan menggunakan dot.

Tidak jarang juga anak yang tidak minum ASI (padahal masih dalam usia di mana ia masih harus mendapatkan ASI) karena si kecil sudah terbiasa dengan minum susu menggunakan dot. Istilah medisnya adalah bingung puting. Anak lebih memilih minum susu dari botol daripada langsung dari puting ibu karena lebih mudah menyedot dari dot daripada ASI dari puting sang ibu.

Fakta-fakta itulah yang menjadikan pemerintah Amerika tidak menyarankan menggunakan dot saat balita minum susu. mereka menerapkan beberapa cara agar anak tidak lagi minum susu dari dot.

Cara Agar Si Kecil Tidak Minum Susu dari Dot
Tentu saja tidak mudah mengajari anak agar minum susu tidak menggunakan dot. Apalagi usianya masih sangat kecil, yaitu 1 tahun, perlu cara cerdas agar ibu bisa membuatnya mau melepaskan kebiasaan minum susu dari dot.

Salah satunya adalah dengan memberikan botol dengan pucuk berbentuk bebek. Ini merupakan langkah paling awal untuk membuat anak lupa dengan dot. Selanjutnya, ibu bisa berikan susu dengan menggunakan gelas. Pada tahap inilah, ibu bisa dikatakan sudah berhasil membuat balita lupa minum susu dengan menggunakan dot.


Tentu tahapan tersebut tidak mudah. Pada kenyataannya, balita lebih sering menolak untuk minum susu tidak menggunakan dot. Namun, jika ibu tahu efek buruk yang bisa terjadi, maka ibu pasti akan berusaha sebisa mungkin agar si kecil terbiasa minum susu tidak menggunakan dot.

No comments:

Post a Comment