Sunday, May 1, 2016

Bingung Memilihkan Susu Anak 1 Tahun yang Bagus

susu anak 1 tahun
Friso Indonesia

Susu anak 1 tahun yang bagus itu seperti apa ya? Ini pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para ibu. Mereka tahu bahwa susu itu sangat mempengaruh perkembangan balita. Apalagi saat si kecil sudah memasuki usia 1 tahun. Ia sudah tidak cocok lagi disebut bayi. Ia sudah bisa mulai berdiri dan bahkan ada juga yang sudah mulai belajar jalan.



Lalu, seperti apakah susu anak 1 tahun yang bagus itu? Orang akan dengan mudah menjawab bahwa susu balita yang bagus itu susu yang mengandung nutrisi yang tinggi. Padahal, semua susu yang berbeda merk mengandung semua kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil lho. Lalu, bagaimana cara menentukan merk susu balita 1 tahun yang bagus?

Mungkin ini yang perlu ibu lakukan terlebih dahulu. Pertama, ibu coba dulu salah satu merk susu anak 1 tahun. Ibu bisa memberikan susu tersebut kepada si kecil selama beberapa hari. Terkadang, ada reaksi yang kurang baik saat balita pertama kali mengkonsumsi susu. Biasanya ia akan mengalami diare dan sembelit. Bahkan, ada juga yang mengalami alergi pada kulit.

Namun, jika tidak ada reaksi yang buruk setelah si kecil mengkonsumsi susu anak 1 tahun yang ibu pilihkan, bisa dikatakan susu itu susu yang bagus untuk si kecil. Ibu tidak perlu ganti dengan merk yang lain.

Akan tetapi, ibu juga harus melihat komposisi nutrisi di dalamnya ya. Ada beberapa balita yang tidak boleh terlalu banyak mendapatkan asupan gizi tertentu. Seperti ketika ia mengalami obesitas, maka pastikan susu untuk anak 1 tahun yang ibu pilihkan tidak terlalu tinggi kandungan protein dan gulanya.

Dalam hal ini, ibu perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter anak akan melakukan observasi terhadap kesehatan balita ibu secara keseluruhan. Dengan demikian, dokter anak akan memberikan saran nutrisi yang paling dibutuhkan oleh si kecil itu apa saja. Kemudian, ibu baru bisa mencari susu anak 1 tahun yang mengandung nutrisi tersebut.

Jadi, bukan karena iklannya yang bombastis yang membuat merk susu tertentu itu terbaik. Namun, susu anak yang bagus itu susu yang mengandung nutrisi sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Ada beberapa kasus di mana balita tidak boleh memperoleh kandungan gula yang tinggi. Susu khusus yang tidak mengandung gula diperlukan. Memang untuk kasus seperti ini tidak begitu banyak namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa terjadi pada si kecil. Jadi, alangkah lebih baik jika ibu konsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu agar ibu yakin bahwa susu anak 1 tahun yang ibu pilihkan memang yang terbaik untuk si kecil.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan saat ini? Lupakan iklan dan lupakan saran dari kawan. Sebaiknya ibu lihat dulu hasil posyandu si kecil. Apakah si kecil mengalami masalah dalam perkembangannya? Bagaimana berat badan si kecil? Jika berat badan balita di bawah normal, maka ibu perlu memberikan susu yang tinggi kandungan proteinnya.

Jika ibu tidak begitu yakin dengan pengamatan ibu sendiri, ibu datang saja ke dokter anak untuk melakukan konsultasi. Dengan cara ini, ibu akan semakin yakin dalam memilih susu balita terbaik untuk si kecil.


Perkembangan balita sangat ditentukan oleh nutrisi yang ia dapatkan. Namun, stimulasi dari luar juga tidak boleh disepelekan. Jadi, pastikan ibu memberikan stimulus berupa permainan yang tepat untuk tumbuh kembangnya. Selain itu, ibu juga harus pastikan memilihkan susu anak 1 tahun.

No comments:

Post a Comment