Wednesday, May 11, 2016

Ternyata Boleh Kok Minum Obat Sambil Minum Susu untuk Anak 1 Tahun

Friso Indonesia

Susu untuk anak 1 tahun tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat. Pendapat tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar. Yang benar adalah ada beberapa obat yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan susu. Artinya, boleh juga mengkonsumsi obat tertentu dengan susu.

Sebagai orang tua, ibu pasti merasa susah sekali meminta si kecil untuk minum obat saat ia sakit. Di satu sisi, ibu sangat kasian melihat si kecil sakit. Namun, di sisi lain, ibu tidak tega melihat anak ibu menangis karena menolak minum obat.

Sekarang, ibu pasti lega karena mengetahui ibu bisa memberikan obat bersamaan dengan susu anak 1 tahun. Dengan demikian, obat akan menjadi enak karena anak mengkonsumsi obat tersebut bersamaan dengan susu.

Obat yang Boleh Dikonsumsi dengan Susu
Selama ini, ibu dan sebagian besar masyarakat mendengar bahwa tidak boleh mengkonsumsi obat bersamaan dengan susu. Hal tersebut justru akan membuat hilangnya khasiat obat. Para ahli medis juga menyarankan agar ada jeda antara minum susu dengan minum obat. Setidaknya, jeda waktu tersebut berkisar kurang lebih 1 jam. Terserah, apakah mengkonsumsi susu terlebih dahulu atau obat. Yang pasti, harus ada jeda agar susu dan obat tidak tercampur agar khasiat dari obat tidak hilang.

Sebenarnya, pendapat tersebut memang benar. Hanya saja, tidak semua obat khasiatnya akan hilang jika obat tersebut dikonsumsi bersamaan dengan susu. Jika si kecil panas, maka ibu boleh memberikan obat bersamaan dengan susu untuk anak 1 tahun. Apalagi jika si kecil menolak dan menangis saat minum obat. Dengan dicampurkan ke dalam susu, maka si kecil tidak merasa sedang minum obat. Panas akan turun dan ia tidak rewel saat minum obat.

Ibu tidak perlu khawatir khasiat dari obat penurun panas tersebut akan hilang karena dicampur dengan susu untuk balita 1 tahun. Obat yang tidak boleh dicampur dengan susu adalah antibiotik. Itu pun bukan berarti khasiat antibiotik akan hilang saat dikonsumsi dengan susu. Namun, khasiatnya berkurang.

Jadi, apa yang dipahami oleh masyarakat selama ini salah kaprah. Tidak semua khasiat obat akan hilang jika dikonsumsi bersamaan dengan susu. Itu yang harus dipahami. Khusus antibiotik, memang obat ini tidak boleh dikonsumsi dengan cara dicampur dengan susu. Jika si kecil sakit dan dokter memberikan obat antibiotik, maka harus ada jeda antara pemberian obat dengan susu anak 1 tahun.

Minum Obat Selain dengan Susu
Jadi, sekarang ibu sudah tahu salah satu cara agar si kecil tidak rewel dan menolak minum obat. Ibu juga tidak perlu takut obat yang ibu campurkan ke dalam susu khasiatnya akan hilang.

Sebenarnya, ibu juga bisa menggunakan cara lain agar si kecil mau minum obat. Campurkan saja ke dalam makanan favoritnya seperti jelly atau jus. Jadi, ibu tidak hanya bisa mencampurkan susu untuk anak 1 tahun tapi juga ke dalam jenis makanan dan minuman favorit si kecil lainnya.

Tujuannya sama, yaitu agar rasa tidak enak dari obat yang ibu berikan menjadi hilang karena tertutupi rasa yang enak dari makanan atau minuman yang ibu campurkan. Jadi, semua masalah akan teratasi. Si kecil bisa minum obat tanpa harus berontak dan menangis. Dan sakit yang dialami si kecil akan teratasi karena sudah minum obat.

Yang pasti, apapun yang terjadi, ibu harus senantiasa memberikan susu balita terbaik. Apalagi saat si kecil sedang sakit. Sakit yang ia alami akan semakin cepat sembuh karena beberapa kandungan penting di dalam susu untuk anak 1 tahun.

No comments:

Post a Comment