Tuesday, July 19, 2016

Informasi Ini Akan Membuat Ibu Semakin Bijak Memilih Susu untuk Anak 1 Tahun

Sering kali orang tua hanya percaya dengan iklan susu balita yang ada di TV saja. Tidak bisa dipungkiri iklan sangat mempengaruhi pilihan konsumen, tak terkecuali orang ketika memilihkan susu untuk sang buah hati mereka.



Akan tetapi, ibu tidak boleh seperti itu, hanya percaya dengan iklan saja. Sebaiknya ibu telusuri juga susu untuk anak 1 tahun terbaik itu apa.

Ibu pernah dengar istilah whole milk dan skim milk? Setidaknya ibu harus tahu perbedaan antara dua jenis susu balita 1 tahun tersebut. Dan temukan susu balita terbaik untuk sang buah hati.

Whole Milk
Whole milk artinya susu murni. Kedengarannya sih bagus. Namanya susu murni. Pasti kandungannya masih murni dan baik untuk sang buah hati.

Sayangnya, pada kenyataannya tidak demikian. Tidak semua yang ada kata-katanya murni itu ternyata bagus lho. Ini juga termasuk susu murni. Memang susu murni ini mengandung banyak sekali nutrisi untuk balita. Sayangnya, kandungan lemaknya juga tinggi. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa susu murni atau whole milk sebaiknya ibu hindari.

Namun, tidak semua balita dilarang mengkonsumsi susu jenis ini ya. Ada juga balita yang disarankan untuk mendapatkan asupan gizi dari susu murni ini, yaitu balita yang kekurangan kandungan asam lemak.

Dokter mengatakan balita yang kekurangan asam lemak akan mengalami gangguan pada perkembangan otaknya. Oleh sebab itu, sebelum ibu memberikan jenis susu anak 1 tahun yang satu ini, sebaiknya periksakan dulu kondisi kesehatan apakah cocok untuk diberikan susu murni atau tidak.

Secara umum, bayi atau balita yang baru saja masuk usia 1 tahun tidak disarankan diberikan susu anak murni. Pasalnya, kandungan nutrisi seperti protein, kalsium, dan vitaminnya sangat tinggi. Kebanyakan sistem pencernaan balita belum siap untuk mencerna kandungan nutrisi yang tinggi tersebut.

Skim Milk
Susu skim merupakan susu untuk balita 1 tahun yang paling sering dipilih. Selain banyak di pasaran, jenis susu anak usia 1 tahun ini mudah dan murah.

Namun, bukan itu saja yang menjadi pertimbangan. Susu skim merupakan susu rendah lemak. Kadarnya lemak umumnya 1% saja. Bahkan, ada juga susu skim yang kadar lemaknya di bawah 1%.

Kenapa memilih susu anak jenis ini? Karena resiko obesitas atau kegemukan bisa dihindari. Selain itu, kandungan nutrisi lainnya juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh si kecil. Dengan demikian, si kecil bisa mencerna dengan baik.

Ada banyak sekali merk susu skim untuk anak 1 tahun di pasaran. Dalam hal ini, yang perlu ibu lakukan hanya mencarikan susu balita yang terbaik. Pastikan kandugannya lengkap dan kadar lemaknya rendah.

Selain itu, ibu juga perhatikan rasanya. Jangan sampai ibu memilihkan susu dengan rasa yang tidak disukai oleh si kecil. Jika dipaksakan, bisa-bisa si kecil akan menolak mengkonsumsi susu.
Jadi, susu jenis apa yang bagus untuk anak 1 tahun? Ibu sudah tahu sendiri jawabannya. Yang terpenting, periksakan dulu kondisi kesehatan si kecil ke dokter baru ibu bisa memilih susu seperti apa yang bagus untuk si kecil.


Namun, ibu juga harus ingat bawasannya bukanlah susu yang merupakan sumber utama nutrisi untuk balita, melainkan makanan. Susu hanya suplemen saja. Ketika si kecil sudah berusia 1 tahun, justru para ahli kesehatan anak menyarankan agar mengurangi porsi susu dan menambahkan makanan yang bervariasi.

No comments:

Post a Comment