Friday, July 1, 2016

3 Masalah Akibat Susu Anak 1 Tahun dan Cara Penanganannya

susu anak 1 tahun
Friso Indonesia

Sedih sekali jika melihat balita mengalami masalah kesehatan. Lebih mengkhawatirkan lagi jika masalah tersebut justru terjadi disebabkan mengkonsumsi susu. Padahal susu merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan si kecil untuk pertumbuhan.



Memang ada beberapa masalah yang ditimbulkan oleh susu anak 1 tahun. Hal tersebut sangat wajar namun bukan berarti ibu bisa membiarkan begitu saja.

Tentu saja ibu harus melakukan penanganan agar masalah tersebut segera berakhir. Karena ibu tidak ingin melihat anak ibu terus-terus kesakitan, bukan?

Ada tiga masalah yang sering diakibatkan mengkonsumsi susu balita 1 tahun. Berikut penjelasan masalah tersebut lengkap dengan cara penangangan yang bisa ibu lakukan.

1.     Alergi
Sebenarnya alergi susu untuk anak 1 tahun merupakan masalah yang cukup serius. Hal ini disebabkan alergi ini bisa berimbas pada kesehatan balita secara keseluruhan.

Biasanya alergi diawali dengan munculnya bintik-bintik merah pada kulit. Setelah itu, balita ibu akan mengalami demam. Jika hal ini sudah terjadi, maka tidak ada jalan lain selain ibu harus menghentikan memberikan susu balita dan segera mendapatkan bantuan dari dokter anak.

Alergi ini biasanya dikarenakan balita ibu intoleransi terhadap salah satu kandungan di dalam susu tersebut. Untuk mengetahui kandungan apa yang membuat balita ibu intoleransi, ibu perlu membawanya ke dokter anak untuk diperiksa terlebih dahulu. Baru kemudian ibu akan mendapatkan masukan susu anak usia 1 tahun seperti apa yang bagus untuk sang buah hati.

2.     Diare
Gejala awal yang sering dialami balita yang baru pertama kali mengkonsumsi susu balita 1 tahun adalah diare. Sebenarnya ibu tidak perlu langsung menghentikan memberikan susu. Ini merupakan reaksi alami.

Saat sistem pencernaan balita ibu mendapatkan asupan makanan atau minuman yang baru, tentu sistem tersebut membutuhkan waktu untuk berdaptasi. Hal ini tidak berbeda ketika ibu pertama kali memberikan MPASI. Biasanya bayi akan mengalami susah buang air besar, bukan?

Akan tetapi, lama kelamaan, masalah tersebut akan hilang. Yang diperlukan hanya waktu untuk beradapatasi.

Ibu bisa memberikan susu dalam porsi yang sedikit agar diare tidak semakin parah. Cara ini juga akan membuat pencernaan balita lebih mudah untuk beradaptasi.

3.     Muntah
Mungkin masalah ini yang sedikit harus mendapatkan perhatikan. Pasalnya, ketika balita muntah setiap kali minum susu anak usia 1 tahun, ia mudah sekali trauma. Akibatnya dia tidak mau lagi minum susu.

Untuk mencegah trauma tersebut, ibu sebaiknya langsung menghentikan pemberian susu untuk beberapa saat. Berikan minuman yang lain seperti jus buah yang segar.

Ketika ia sudah lupa, ibu sedikit demi sedikit memberikan susu agar ia tidak muntah. Mungkin ibu bisa memberikan susu sekali setiap hari terlebih dahulu. Jika sudah terbiasa dan sepertinya sudah tidak muntah, ibu bisa memberikan susu sesuai dengan ketentuan.

Informasi tersebut di atas semoga membuat ibu semakin bijak dalam melakukan tindakan jika terjadi masalah seperti muntah, diare, dan alergi pada balita akibat mengkonsumsi susu untuk anak 1 tahun.


Ibu tetap harus memberikan susu karena kandungan nutrisi di dalamnya sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang balita. Jadi, jika ada kendala seperti yang dijelaskan di atas, ibu sudah tahu apa yang harus ibu lakukan. Yang pasti, balita ibu harus mendapatkan nutrisi yang seimbang. Dan salah satu cara paling mudah untuk mensupply nutrisi dalam jumlah yang seimbang adalah dengan memberikan susu balita terbaik.

No comments:

Post a Comment