Wednesday, June 29, 2016

Hati-Hati Susu Anak 1 Tahun Kadaluarsa

susu anak 1 tahun
Friso Indonesia

Sembrono ketika membeli susu untuk anak 1 tahun bisa fatal akibatnya. Ibu tidak hanya memilihkan susu balita terbaik, tapi susu tersebut juga harus masih dalam keadaan yang baik.



Saat Ramadhan tiba seperti saat ini, tidak sedikit barang yang terkena razia. Salah satunya karena barang tersebut kadaluarsa. Hal ini disebabkan stock di toko penjual barang tersebut sudah terlalu lama hingga masa kadaluarsa.

Bagaimana agar ibu bisa memastikan susu anak 1 tahun yang ibu beli tidak kadaluarsa?

1.     Lihat Pada Label
Setiap susu pasti ada masa kadaluarsanya. Biasanya di bungkus susu terdapat masa berlaku susu atau masa kadaluarsanya.

Sebelum membeli susu, pastikan dulu masa kadaluarsa susu masih lama. Akan lebih baik jika masa kadaluarsanya masih sekitar 6 bulan ke atas. Semakin lama masa kadaluarsanya maka semakin baik. Karena itu artinya susu balita 1 tahun yang ibu beli belum lama dibuat oleh pabrik pembuat susu.

2.     Beli dari Agen Susu Besar
Memang ibu bebas memilih toko susu. Namun, akan lebih baik jika ibu membeli susu balita di agen susu yang besar.

Kenapa? Karena agen susu tersebut khusus menjual susu. Itu artinya pemilik sangat concern terhadap susu yang ia jual. Jadi, kecil kemungkinan pemilik toko tersebut lengah sehingga menjual susu yang sudah kadaluarsa.

Selain itu, agen toko susu yang besar juga biasanya langsung berhubungan dengan sales atau bagian marketing produk susu. Sales tersebut yang selalu mengontrol ketersediaan susu serta memastikan produk yang ia jual masih bagus. Jika sudah lewat masa kadaluarsa, sales akan mengambil produk tersebut dan menggantinya dengan susu yang masih fresh.

3.     Membeli Secara Online
Sekarang ini produsen susu tidak hanya menyalurkan atau menjual susu ke agen-agen susu, toko, atau minimarket saja. Mereka juga membuat toko online sendiri. Hal ini mereka lakukan agar semakin pendek mata rantai distribusi. Dengan demikian, harga produk susu yang mereka jual bisa turun.

Siapa yang diuntungkan? Tentu saja konsumen. Hanya saja, biaya susu akan jatuh sedikit lebih mahal karena membutuhkan ongkos kirim. Semakin jauh lokasi maka semakin mahal ongkos kirimnya.

Namun, yang terpenting, karena ibu membeli langsung dari perusahaan melalui toko onlinenya, ibu bisa memastikan susu tersebut masih baru dan tidak kadaluarsa. Karena susu tersebut diambil langsung dari perusahaan, tidak melalui mata rantai distribusi yang panjang.

Sangat disarankan agar ibu menggunakan cara yang terakhir, yaitu menggunakan fasilitas pembelian online. Apalagi sekarang perusahaan susu balita 1 tahun saling berkompetisi. Selain menyediakan fasilitas berupa pembelian secara online, mungkin juga ada tambahan fasilitas atau keuntungan lain ketika ibu membeli langsung secara online.

Satu hal lagi yang perlu ibu catat. Kadaluarsa itu tidak hanya menjadi patokan bahwa susu balita sudah tidak layak dikonsumsi. Meskipun belum sampai masa kadaluarsa, susu balita juga bisa tidak layak dikonsumsi. Contohnya saja ketika ibu salah dalam menyimpan susu. Ibu biarkan wadah susu terbuka sehingga bakteri bisa dengan mudah masuk. Atau ibu simpan susu di tempat yang lembab.


Jadi, tidak hanya tanggal kadaluarsa saja yang harus ibu perhatikan. Ibu juga harus memperhatikan bagaimana ibu menyimpan susu balita 1 tahun agar tetap segar. Dengan demikian, semua kandungan di dalam susu terjaga dan anak ibu akan mendapatkan manfaat dari minum susu balita.

No comments:

Post a Comment