Tuesday, June 7, 2016

2 Zat pada Susu Anak 1 Tahun yang Kurang Familiar Padahal Penting

susu anak 1 tahun
Friso Indonesia

Setiap orang tua ingin sekali memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Susu pun harus yang terbaik. Mereka mencari tahu bagaimana kriteria susu terbaik untuk balita usia 1 tahun mereka.



Bagaimana dengan ibu? Apakah ibu sudah tahu susu anak 1 tahun yang terbaik itu seperti apa?

Kebanyakan orang tua akan mencari susu balita yang mengandung AA dan DHA yang tinggi. Mereka tahu entah dari seminar, buku, atau hanya sekilas tahu dari iklan TV bawasannya AA dan DHA sangat penting untuk menunjang perkembangan otak balita.

Ada juga yang lebih mengutamakan prebiotik. Kalau ibu, nutrisi apa yang ibu jadikan pertimbangan saat memilih susu balita 1 tahun?

Sudah banyak sekali artikel yang membayas tentang pentingnya AA, DHA serta prebiotik untuk tumbuh kembang anak. Namun, ibu tahu pentingnya zinc dan juga selenium bagi balita?

Tidak familiar memang tapi dua zat ini tidak kalah penting jika dibandingkan dengan AA, DHA dan juga prebiotik. Tidak percaya?

Zinc untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan
Yang sering didengar dan diketahui oleh kebanyakan orang adalah prebiotik. Kandungan di dalam susu balita yang satu ini memang sangat sering disebut sebagai zat yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Siapa sangka ada zat lain yang berperan sama pentingnya seperti prebiotik, yaitu zinc. Ini adalah mineral yang memastikan metabolisme tubuh berjalan lancar dan tidak ada masalah di dalam sistem pencernaan si kecil.

Mungkin pertanyaan ini yang akan ibu tanyakan? Bagaimana jika si kecil tidak mendapatkan zinc dalam jumlah yang cukup?

Karena berhubungan dengan kesehatan pencernaan, tentu saja masalah yang akan dihadapi si kecil jika kekurangan zinc tidak jauh dari masalah perut seperti diare dan konstipasi. Namun, ternyata tidak itu saja. Lebih dari itu, masalah yang lebih berbahaya lagi adalah terhambatnya pertumbuhan si kecil.

Di lain sisi, ibu juga harus memastikan si kecil tidak mengalami kelebihan zinc. Kelebihan zinc juga akan mengakibatkan sakit kepada dan diare.

Jumlah zinc yang sesuai dengan kebutuhan anak sehari-hari sudah ada di dalam susu anak usia 1 tahun. Jadi, ibu tidak perlu khawatir. Dengan memberikan susu setiap hari, ibu sudah memberikan zinc kepada si kecil.

Selenium Tak Kalah Penting
Zat berupa selenium ini juga tidak familiar. Sama seperti zinc. Selenium ini sama seperti zinc, yaitu mineral. Fungsinya juga tak jauh beda. Fungsi utamanya untuk menjaga metabolisme. Namun, lebih khusus lagi, selenium dibutuhkan untuk memperlancar kelenjar teroid.

Namun, ibu tidak perlu khawatir. Kebutuhan selenium untuk balita usia 1 tahun tidaklah banyak. Ibu tidak perlu mencari sumber selenium dari makanan. Cukup memberikan susu balita 1 tahun saja sudah mencukupi kebutuhan selenium sehari-hari si kecil.

Coba ibu lihat pada bungkus susu yang ibu beli. Apakah ada dua kandungan ini? Walaupun tidak begitu terkenal dan kebutuhannya tidak begitu banyak, kekurangan zinc dan selenium akan membuat kesehatan si kecil terganggu terutama kesehatan pencernaan.

Tentu saja menjadikan anak cerdas itu penting. Namun, menjadikan anak sehat jauh lebih penting. Lebih dari itu, anak yang sehat sangat mungkin tumbuh menjadi anak yang cerdas. Sementara itu, bagaimana bisa anak cerdas jika kesehatannya saja sering terganggu.


Itulah mengapa ibu harus pastikan ada kandungan zinc dan selenium di dalam susu balita usia 1 tahun yang ibu pilihkan untuk si kecil.

No comments:

Post a Comment