Wednesday, June 8, 2016

Susu Anak 1 Tahun Penting untuk Membuat Si Kecil Lebih Cepat Belajar Jalan

Senang sekali ya bu si kecil sudah memasuki tahun pertamanya. Namun, ibu juga harus menyadari bawasannya ada banyak lagi tantangan yang harus ibu taklukkan.

Saat masih bayi, si kecil sering membuat ibu kesal. Ia sering nangis, minta di gendong kalau jenuh, dan lain sebagainya. Saat usianya sudah mencapai 1 tahun, ia mungkin sudah mulai belajar. Saatnya pula ibu harus bersiap capek karena harus mengantisipasi jangan sampai si kecil berjalan di tempat yang berbahaya.

Nikmati saja prosesnya. Maka tugas ibu sebagai orang tua pasti akan merasa ringan. Bagaimana pun juga, ibu memiliki peran yang sangat penting untuk memastikan perkembangan si kecil bagus.

Saat usianya 1 tahun, ibu harus bisa membuat balita ibu bisa mulai berjalan. Apa saja yang harus ibu lakukan? Selain memberikan stimulus agar anak mulai belajar jalan, ibu juga perlu memperhatikan nutrisinya.

Kira-kira nutrisi apa yang sangat diperlukan saat balita memasuki tahun pertamanya?

Nutrisi Di Dalam Susu Balita 1 Tahun
Sebenarnya jika ibu sudah memberikan susu anak 1 tahun, maka tidak perlu lagi ibu mengkhawatirkan dengan tumbuh kembang anak. Sudah dipastikan nutrisi tercukupi sehingga proses belajar jalannya akan lancar.

Akan tetapi, tahukah ibu apa nutrisi yang paling dibutuhkan agar membuat proses belajar semakin cepat? Ternyata yang paling penting adalah vitamin D.

Salah satu sumber vitamin yang sangat tinggi adalah susu. Bahkan, mengkonsumsi tiga gelas susu setiap hari sudah bisa mencukupi kurang lebih 60% kebutuhan vitamin D harian si kecil.

Lalu, apa sebenarnya fungsi dari vitamin D? Vitamin D ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang. Selain itu, vitamin D juga memastikan kepadatan tulang sehingga tulang tidak hanya tumbuh tapi juga kuat.

Saat balita mulai belajar jalan, tulangnya harus benar-benar kuat, terutama tulang kaki. Karena tulang kaki lah yang akan menopang seluruh tubuhnya ketika berdiri dan berjalan.

Akan tetapi, nutrisi yang lain juga tak kalah penting seperti nutrisi yang membantu perkembangan otak. Karena percuma saja jika tulang kuat namun ada masalah dengan sistem saraf. Jika hal ini terjadi, maka si kecil akan mengalami masalah untuk menggerakkan kaki dan belajar jalan.

Itulah mengapa penting sekali balita mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang. Dengan memberikan susu anak usia 1 tahun, balita akan berkembang maksimal. Terutama ketika ia mulai belajar jalan, tulang akan kuat dan saraf bisa bekerja sesuai dengan perannya.

Vitamin D bukan dari Susu
Sekarang ibu juga harus tahu sumber vitamin D itu dari mana selain susu. Ternyata susu hanya menempati urutan kedua. Urutan pertama adalah sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi lah yang memberikan vitamin D terbanyak.

Orang dahulu sudah mencontohkan agar anak selalu dibangunkan di pagi hari lalu di bawa keluar rumah. Mungkin pada waktu itu orang tidak tahu apa manfaatnya. Mereka hanya tahu jika anak di bawa keluar rumah di pagi hari, maka tubuhnya akan hangat sehingga ia akan sehat.

Tapi, ternyata kebiasaan baik tersebut memang harus dilakukan. Sinar matahari pagi akan memberikan vitamin D kepada balita. Vitamin itulah yang akan membuat tulang tumbuh kuat.


Yang jelas, ibu pasti bangga dan senang karena si kecil sudah berusia 1 tahun. Ibu harus semakin banyak mengerti seputar perkembangan anak 1 tahun.

No comments:

Post a Comment