Monday, March 14, 2016

Porsi Susu Anak 1 Tahun Kok Harus Dikurangi? Cari Tahu Alasannya


susu anak 1 tahun
Friso Indonesia


Susu anak 1 tahun bukan berarti 100% baik lho. Ternyata, susu anak juga bisa mengakibatkan hal yang buruk. Inilah yang menjadi alasan kenapa para ahli kesehatan anak menyarankan agar porsi pemberian susu formula dikurangi ketika usia si kecil menginjak balita.


Kenapa ketika sudah balita? Bukannya justru nutrisi yang dibutuhkan lebih banyak untuk memaksimalkan perkembangannya? Jika ibu memiliki pertanyaan yang sama, ibu bisa mendapatkan jawaban dengan membaca ulasan lengkap berikut ini.

Mengurangi Porsi Susu Anak untuk Menekan Resiko Terkena Gangguan Kesehatan
Tema kali ini mengupas alasan kenapa porsi susu anak 1 tahun justru harus dikurangi. Sebenarnya, alasannya sangat singkat, yaitu untuk menekan resiko terkena gangguan kesehatan. Hanya saja, jika ibu tidak mengetahui penjelasannya, maka ibu akan merasa alasan tersebut aneh dan terkesan mengada-ada.

Ada satu pertanyaan yang harus ibu jawab? Apakah sang buah hati ketika usianya sudah mencapai 1 tahun mengkonsumsi selain susu balita? Pasti ibu sudah memberikan makanan bukan? Tentu saja kondisi saat ini berbeda ketika ibu hanya pure memberikan ASI atau susu balita saja. Sekarang, karena ibu sudah memberikan makanan yang juga mengandung nutrisi baik bagi balita, maka bisa dikatakan nutrisi yang ia dapatkan semakin banyak.

Oleh karena itu, tidak salah jika porsi susu anak 1 tahun harus dikurangi, bukan? Dengan alasan jangan sampai kelebihan nutrisi yang justru berakibat buruk untuk kesehatan anak. Seperti contoh jika ternyata balita ibu kelebihan vitamin D karena tidak hanya mendapatkan asupan nutrisi berupa vitamin D dari susu balita tapi juga dari makanan, maka yang terjadi adalah zat besi berkurang sehingga si kecil rentan terkena anemia. Ini hanya satu contoh saja. Tentu masih banyak lagi contoh kasus lain.

Untuk memantapkan ibu agar porsi susu anak 1 tahun harus mulai dikurangi, ibu harus tahu bahwa ada kandungan glukosa di dalam susu balita, terlepas itu tinggi atau rendah. Yang jelas, si kecil sudah mendapatkan glukosa dari makanan dan ditambah lagi dari susu. Hal tersebut bisa membuat si kecil mengalami obesitas. Itulah alasan yang paling kuat kenapa para ahli kesehatan menyarankan agar balita harus dikurangi porsi susunya.

Berapa Idealnya Balita Mengkonsumsi Susu Anak Setiap Hari?
Setelah ibu tahu alasan kenapa susu anak 1 tahun porsinya harus dikurangi, sekarang pertanyaannya adalah berapa porsi ideal untuk anak 1 tahun?

Saat usianya sudah mencapai 1 tahun, ibu harus batasi asupan susu setiap hari hanya 24 ons saja. Itu artinya ibu bisa berikan 2-3 botol susu balita setiap hari. Sekarang ibu ingat-ingat berapa botol ibu memberikan susu kepada sang buah hati setiap hair?

Memang susah untuk mengurangi porsi susu. Apalagi jika si kecil rewel. Biasanya obat agar ia tidak rewel adalah memberikan susu anak 1 tahun. Hal inilah yang membuat ibu susah untuk mengurangi porsi susu balita.

Namun, bukan berarti tidak ada caranya, kan? Ibu harus cari bagaimana agar si kecil hanya mengkonsumsi 2-3 botol susu balita saja setiap hari. Ibu bisa membuat jadwal pemberian susu, mungkin setiap kali si kecil akan tidur. Sementara itu, di luar jadwal tersebut, ibu bisa memberikan minuman lain seperti jus buah sebagai pengganti susuanak 1 tahun.

No comments:

Post a Comment